×
Selamatan Giling Tahun 2023 PG Tersana Baru - PT PG Rajawali II

Selamatan Giling Tahun 2023 PG Tersana Baru - PT PG Rajawali II

 

Babakan - Rabu, 10 Mei 2023 PG Tersana Baru melaksanakan Selamatan Buka Giling Tahun 2023. Ini adalah prosesi selamatan giling ini yang pertama setelah terakhir dilaksanakan pada tahun 2019.


Tujuan selamatan giling adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan karena diberkahi panen tebu yang melimpah dan permohonan agar panenan mendatang semakin baik serta terhindar dari hama tanaman. Selain itu sebagai permohonan keselamatan di awal proses penggilingan tebu menjadi gula agar tidak terjadi musibah atau kecelakaan.


Konon selamatan giling ini (juga dikenal dengan sebutan “cembengan”), merupakan adopsi dari tradisi Cina, Cing Bing. Yaitu tradisi ziarah ke makam leluhur menjelang suatu karya besar. Masyarakat keturunan Cina yang bermukim di pantura (pantai utara) Jawa yang mengenal teknologi pembuatan gula tebu ini pada masa lalu selalu melakukan Ritual Cing Bing sebelum memproduksi gula.


Dalam kesempatan ini hadir :

- Direksi PT PG Rajawali II

- Para Kepala Bidang dan Kepala Bagian Kandir PT PG Rajawali II

- GM PG HGU Jatitujuh-Subang

- GM PG Sindanglaut

- Ketua & Pengurus DPD APTRI Jawa Barat

- Ketua & Pengurus DPC APTRI Cirebon

- Kepala Dinas terkait, Kabupaten Cirebon & Kabupaten Brebes

- Perwakilan Bank Bjb dan BRI

- Kuwu & Muspika terkait

- Kyai Usamah Mansyur

- dan banyak pihak yang tidak dapat dicantumkan satu per satu


Direktur Utama PT PG Rajawali II, Wahyu Sakti mengucapkan terima kasih kepada para petani mitra yang menyerahkan tebunya untuk digiling di PG Tersana Baru. Target tebu digiling pada tahun 2023 ini sebanyak 4.000.000 kuintal tebu, yang terdiri dari tebu di wilyah kerja PG Tersana Baru maupun tebu yang berasal dari Jawa Tengah.

Disampaikan juga oleh Wahyu Sakti bahwa mulai tahun 2023 ini PG Sindanglaut akan beroperasi kembali, sehingga akan memendekan hari giling, dengan tujuan dapat dicapainya angka rendemen yang optimal.

Dan agar tujuan petani untung, karyawan sejahtera dan PT PG Rajawali II jaya maka diperlukan kerjasama yg baik dari semua pihak, mengedepankan win win solution sehingga rencana ke depan akan lebih baik lagi.


Semoga upaya dan doa kita semua untuk menyukseskan Musim Giling PG Tersana Baru Tahun 2023 dan seterusnya, serta mendapatkan hasil yang melimpah juga barokah akan dikabulkan Allah SWT, Tuhan YME.


Aamiin Allahuma Aamiin...


PG Tersana Baru : “Bangkit Bersama, Teguh Berjaya, Meraih Sejahtera”