×
Komisaris Utama dan Direksi PT PG Rajawali II Hadiri Grand Opening Sawa Biochar CO2 Capture Facility

Komisaris Utama dan Direksi PT PG Rajawali II Hadiri Grand Opening Sawa Biochar CO2 Capture Facility

Komisaris Utama dan Direksi PT PG Rajawali II Hadiri Grand Opening Sawa Biochar CO2 Capture Facility, pada Rabu, 24 April 2024. Acara peresmian ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum Asosiasi Biochar Indonesia Internasional (IIBA) Hashim Djojohadikusumo serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Biochar adalah bahan padat kaya karbon hasil konversi dari limbah organik melalui pembakaran tidak sempurna atau suplai oksigen terbatas.

Pabrik Biochar ini dibangun oleh anak perusahaan PT Legasi Alam Indonesia, SAWA EcoSolutions dan berada di kawasan Pabrik Gula HGU Jatitujuh, salah satu unit usaha milik PT PG Rajawali II.
Pabrik Biochar ini perdana didirikan di Indonesia bertujuan untuk mewujudkan target penghapusan CO2 pada tahun 2030 sebagai komitmen terhadap Paris Agreement.
Ada pun, misi penghapusan CO2 itu, ditargetkan sebesar 2,5 miliar ton setiap tahunnya.

PT PG Rajawali II bekerjasama dengan SAWA EcoSolutions dengan cara memasok ampas. Hal ini menunjukan bahwa PT PG Rajawali II yang merupakan perusahaan produsen gula berbasis tebu berkomitmen untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan dan menghasilkan produk dari hulu ke hilir yang berbasis tebu serta mensejahterakan petani mitra.

"Prospek untuk Indonesia itu bagus sekali, besar sekali. Karena ini mengubah bahan-bahan yang tidak punya nilai, (seperti) sekam, jerami, batok kelapa, ini yang tidak ada (nilai), nanti punya nilai. Karena punya nilai, para petani, para produsen seperti Pabrik Gula, petani tebu mendapatkan tambahan penghasilan," ujar Hashim Djojohadikusumo.
(https://www.tribunnews.com/bisnis/2024/04/24/hadapi-perubahan-iklim-limbah-organik-diubah-jadi-biochar?page=all)

Semoga seluruh amal ibadah, usaha dan doa kita bersama, dikabulkan Allah SWT, Tuhan YME. Aamiin Allahuma Aamiin.