×
Direktur Utama PT PG Rajawali II Hadiri Rakerda DPD APTRI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023

Direktur Utama PT PG Rajawali II Hadiri Rakerda DPD APTRI Provinsi Jawa Barat Tahun 2023

 

Cirebon - Rabu, 6 Desember 2023, bertempat di ballroom Hotel Sangkanhurip, Kuningan, Jawa Barat, DPD APTRI Provinsi Jawa Barat mengadakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Tahun 2023.


Rakerda ini mengambil tema, “DENGAN RAPAT KERJA DAERAH DPD APTRI PROVINSI JAWA BARAT KITA WUJUDKAN PETANI SEJAHTERA, PABRIK GULA JAYA DAN SWASEMBADA GULA TERLAKSANA”.

 

Direktur Utama PT PG Rajawali II, Wahyu Sakti didaulat untuk memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya, Wahyu Sakti menyampaikan :

1. Untuk mendukung peningkatan protas tebu/ha petani mitra, PT PG Rajawali II telah bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) untuk mendapatkan varietas terbaik di lingkungan PT PG Rajawali II.


Bahkan PT PG Rajawali II juga telah bekerjasama dengan Thailand untuk mengembangkan varietas unggulan di PT PG Rajawali II.

PT PG Rajawali II juga terus berinovasi (untuk meningkatkan protas tebu) dengan menciptakan Pembenah Tanah Organik Cair (PTOC) yang mampu memperbaiki sifat fisik kimia dan biologi tanah sehingga menjamin hara di dalam tanah tersedia dan bisa diserap oleh tanaman tebu secara efektif dan efisien, sehingga protas tebu/ha menjadi meningkat.

 

2. Sehubungan dengan mulai berkurangnya tenaga manual untuk menebang, PT PG Rajawali II mempertimbangkan untuk beralih ke tebang secara mekanisasi.

PT PG Rajawali II merencanakan tebang mekanis di PG HGU Jatitujuh dan Subang untuk menjamin pasokan tebu sesuai kapasitas giling pabrik sehingga pabrik beroperasi secara efektif dan efisien.

 

3. Mempertimbangkan antusiasme petani non tebu untuk berbudidaya tebu yang terus meningkat dan komitmen petani tebu untuk meningkatkan protas dan luasan lahan kebun tebu serta untuk mendukung swasembada gula konsumsi nasional, PT PG Rajawali II akan mengoperasionalkan kembali PG Subang pada tahun 2026.

 

Semoga sinergitas antara PT PG Rajawali II dan APTRI akan tetap solid dan dapat mewujudakan petani sejahtera, pabrik gula jaya. Aamiin Allahuma Aamiin...