×
Cethik Geni PG HGU Jatitujuh - Subang

Cethik Geni PG HGU Jatitujuh - Subang Tahun 2023

 

Majalengka - Satu per satu Pabrik Gula dilingkungan PT PG Rajawali II memasuki fase Musim Giling Tahun 2023. Setelah PG Tersana Baru dan PG Sindanglaut, kini giliran PG HGU Jatitujuh-Subang yang bersiap memasuki musim giling.


Seperti pernah disampaikan sebelumnya, salah satu persiapan memasuki awal musim giling adalah melaksanakan prosesi Cethik Geni atau memantik/menyalakan api untuk persiapan memasak dalam skala besar. Tentunya untuk memproses sedemikian banyak tanaman tebu menjadi gula kristal putih dan dalam jangka waktu yang lama (l.k 6 bulan) diperlukan tungku/ketelan yang dapat diandalkan.


Bertempat di emplasement dan Stasiun Boiler/Ketelan PG Jatitujuh, Sabtu, 20 Mei 2023, PG HGU Jatitujuh-Subang melaksanakan cethik geni sebagai persiapan menghadapi Musim Giling Tahun 2023.

Hadir dalam kesempatan ini Direksi PT PG Rajawali II (minus Direktur Keuangan & PB, sedang ada keperluan yang tidak dapat ditinggalkan), Sekretaris Perusahaan, para Kepala Bidang dan Kepala Bagian PT PG Rajawali II, GM PG Tersana Baru, Gm PG Sindanglaut, Kepala PSA Palimanan,  dan tentunya GM PG Jatitujuh beserta jajarannya.


Dalam sambutannya GM PG HGU Jatitujuh-Subang, Wisri Mustofa menyampaikan sekaligus melaporkan kesiapan dari PG HGU Jatitujuh-Subang menghadapi Musim Giling Tahun 2023.

Target yang telah ditetapkan, yaitu :

- Jumlah tebu       : 566.056Ton

- Produktivitas      : 60.9Ton/hektar

- Rendemen         : 7.5%

- Gula                   : 42.555 Ton


Selain target, Wisri juga melaporkan inovasi yang telah dilakukan oleh Tim Instalasi PG HGU Jatitujuh-Subang yaitu :

1. QR Code : Salah satu alat untuk memudahkan dan mempercepat troubleshooting dan pengambilan keputusan

2. AFC (Automatic Feeding Control) yang berintegrasi dengan Scada Monitoring System, berguna untuk menyetabilkan extraksi dengan mengendalikan komposisi baggass air dan power untuk extraksi

3. Pengembangan EMS (Energy Management System)

Salah satu pengembangan scada produksi yg fokus pada management energy, dengan tujuan utama yaitu efisiensi energy.


Direktur Operasional PT PG Rajawali II, Adang Sukendar Djuanda menyampaikan pentingnya penggunaan Alat Pelindung Diri dalam penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, keluarga menanti di rumah.


Sedangkan Direktur Utama PT PG Rajawali II, Wahyu Sakti dalam arahannya menyampaikan beberapa hal, yaitu :

1. Harus diingat bahwa di Jawa Barat hanya PT PG Rajawali II yang memproduksi Gula Kristal Putih, jadi jangan pernah menyia-nyiakan peluang ini

2. Untuk menghasilkan rendemen yang sesuai target, semua pihak agar tetap dan terus berkoordinasi dan berkomunikasi, karena rendemen dihasilkan dari sinergi mulai tanaman sampai dengan pabrik

3. Reward akan diberikan langsung kepada karyawan/ti yg mempunyai ide baru dan menerapkannya di PT PG Rajawali II. Dalam kesempatan ini reward diberikan kepada Ivan Ristanto, Satu Wandaru dan Lutfi yang telah menghasilkan inovasi seperti telah dilaporkan oleh GM PG HGU Jatitujuh-Subang kepada Direktur Utama PT PG Rajawali II.


Semoga upaya dan doa kita semua akan dikabulkan Allah SWT, Tuhan YME.

Aamiin Allahuma Aamiin...