×
Kunjungan Kerja Asdep Bidang Industri Pangan & Pupuk Kementerian BUMN Ke BUMDes Pandawa - Mitra PT PG Rajawali II Unit PG Sindanglaut
Cirebon - Program Mari Kita Majukan Usaha Rakyat (MAKMUR) diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir pada Sabtu, 28 Agustus 2021 yang lalu.

Program MAKMUR ini merupakan hasil sinergi beberapa pihak dalam sebuah ekosistem sebagai upaya solusi pertanian dalam rangka meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani.

Program Makmur ini terdiri dari berbagai aspek yang membantu petani dan budidaya pertanian. Mulai dari pengelolaan budidaya tanaman berkelanjutan, informasi dan pendampingan budidaya pertanian, digital farming dan mekanisme pertanian.

Selanjutnya ada juga disiapkan akses permodalan dan perlindungan risiko pertanian serta adanya offtaker atau jaminan pasar bagi petani.

Pada hari Rabu, 16 Februari 2022 Asisten Deputi Bidang Industri Pangan dan Pupuk Kementerian BUMN Zuryati Simbolon melakukan kunjungan kerja ke BUMDes Pandawa yang mengelola kebun tebu seluas 150 hektar yang berlokasi di Desa Karangmalang Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon. Kebun Tebu tersebut terletak di wilayah kerja salah satu Pabrik Gula (PG) milik PT PG Rajawali II, yaitu PG Tebu Rakyat Unit Tersana Baru & Sindanglaut.

PT PG Rajawali II sebagai offtaker mempunyai kepentingan untuk memonitor dan memberikan masukan kepada Petani Mitra dibawah naungan BUMDes Pandawa agar hasil panen tebu sesuai yang diinginkan bersama.

Semoga Program MAKMUR ini benar-benar dapat menjadi solusi pertanian bagi seluruh stakeholder pertanian tebu...

grid-31659941273.jpggrid-21659941272.jpg