SUKSESKAN PROGRAM MAKMUR, SINERGI PT PG RAJAWALI II DAN PUPUK KUJANG DALAM MENJAWAB PERSOALAN PETANI

Home / Berita / SUKSESKAN PROGRAM MAKMUR, SINERGI PT PG RAJAWALI II DAN PUPUK KUJANG DALAM MENJAWAB PERSOALAN PETANI

Cirebon – Sebagai salah satu perusahaan pemasok gula nasional, PT PG Rajawali II terus berupaya untuk meningkatkan produktivitas gula hingga bisa memenuhi kebutuhan pasokan gula nasional. Namun hal ini terkendala dengan pasokan tebu yang kurang dari petani. Persoalan serius yang dihadapi oleh petani tebu antara lain : kualitas bibit yang tidak memadai, sarana produksi pertanian yang sering terlambat, dan sistem irigasi yang kurang baik. Selain itu, persoalan pupuk dan masalah modal juga menjadi kendala serius yang dihadapi oleh petani tebu. 

Persoalan yang dihadapi oleh petani tebu ini juga menjadi rintangan bagi PT PG Rajawali II sebagai pihak offtaker dari petani tebu yang memiliki tugas mengolah tebu hasil panen dari petani. Selain PT PG Rajawali II yang memikirkan persoalan ini, Pupuk Kujang juga memikirkan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi oleh petani tebu. Untuk membahas persoalan ini, Pupuk Kujang bersinergi dengan PT PG Rajawali dalam program FGD yang diselenggarakan pada Kamis, 11 November 2021 di Cirebon.

FGD ini membahas mengenai program MAKMUR (Mari Kita Majukan Usaha Rakyat) sebagai solusi untuk semua permasalahan yang dihadapi oleh petani, khususnya petani tebu. Program MAKMUR adalah program yang resmi diperkenalkan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada akhir Agustus 2021. Program tersebut dijalankan oleh Pupuk Indonesia dan seluruh anak perusahaannya, termasuk Pupuk Kujang. Melalui Program Makmur, petani didampingi secara menyeluruh dan intensif, mulai dari akses permodalan, pendampingan budidaya, asuransi, hingga pembelian hasil panen. 

“PT PG Rajawali II sebagai offtaker dari tanaman tebu yang akan diolah di Pabrik Gula PT PG Rajawali II mendukung Program MAKMUR. Disamping juga sebagai pendamping pelaksanaan budidaya tebu, pendamping penyediaan pendanaan dan penyediaan lahan serta pendampingan budidaya dan agro input dalam hal konsultasi agronomi. Kami siap bersinergi untuk membantu petani tebu demi meningkatkan produktivitas gula nasional,” kata Ardian Wijanarko, Direktur PT PG Rajawali II dalam sambutannya pada acara FGD. 

“Melalui program Makmur, kami upayakan produktivitas dan keuntungan petani bisa meningkat. Untuk mencapai hal itu, kita fasilitasi petani untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan dalam budidaya, termasuk di dalamnya pupuk, pestisida, kerjasama pendanaan dengan perbankan, kerjasama offtaker, dan pendampingan dari hulu ke hilir,” kata Arlyza Eka Wijayanti, SVP Transformasi Bisnis Pupuk Kujang saat FGD bersama petani tebu di Cirebon, Kamis (11/11/2021).

PT PG Rajawali II berharap program Makmur ini dapat meningkatkan minat petani untuk menanam tebu dan bisa menjawab tantangan dan kendala yang terjadi di lapangan khususnya terkait dengan ketersediaan pupuk, jaminan kredit pembiayaan budidaya dan pendampingan budidayanya serta Perlindungan Resiko pertanian melalui program Asuransi. Selain itu diharapkan juga program ini mampu meningkatkan gairah semangat petani tebu dalam meningkatkan produktivitas tebu, potensi rendemen tebu, meningkatkan laba petani dan perusahaan serta mampu meningkatkan produksi gula nasional.

Salam Sehat Tetap Semangat

Satu Tekad jadi yang Terhebat… !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *