Penandatangan MoU Antara PSA Palimanan & Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon Perihal Pemanfaatan Porvina

Palimanan – Pada hari Jumat, 19 September 2021 telah dilaksanakan penandatangan MoU antara PSA Palimanan (Unit Usaha PT PG Rajawali II) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon perihal pemanfaatan Porvina atau Pupuk Organik Vinase.

Porvina atau Pupuk Organik Vinase adalah pupuk organik yang berasal dari vinase (hasil samping dari produk alkohol) yang telah dicampur dengan bakteri EM4.

Bertempat diruang rapat DLH Kabupaten Cirebon penandatanganan MoU dilakukan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon yaitu Bapak Dr. Deni Nurcahya, ST, MSi dan Kepala PSA Palimanan Bapak Aris Arsandi.

Dalam sambutannya Deni menyampaikan dengan tegas bahwa Porvina bukan limbah, melainkan masuk kategori Pupuk Organik. Selain itu disampaikan juga banyak terima kasih kepada PSA Palimanan yang telah menghibahkan Porvina sebanyak 10 ribu liter.

Demikian halnya Aris Arsandi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon yang akan menggunakan Porvina untuk taman dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Cirebon. Selain itu Aris juga menginformasikan bahwa selain Porvina, PSA Palimanan juga memproduksi Handsanitizer. Siapa tahu kedepannya Pemerintah Kabupaten Cirebon akan menggunakan Hansanitizer produk PSA Palimanan untuk digunakan dilingkungan perkantoran Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Semoga penandatanganan MoU ini adalah awal yang baik kerjasama antara khususnya Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon dan umumnya Pemerintahan Kabupaten Cirebon dengan PSA Palimanan.

Aamiin Allahuma Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *